Selasa, 27 Mei 2008

DIET PROGRAM DENGAN GAYA HIDUP SEHAT


Mengapa diet seringkali gagal?
Kebanyakan program diet yang kita lakukan masih berpedoman pada pengurangan asupan makanan. Selama ini banyak orang menyimpulkan bahwa kelebihan berat badan disebabkan oleh banyaknya makanan berlemak yang kita konsumsi.
Padahal, yang sering kita lihat, banyak orang yang tetap saja gemuk meskipun dia telah mati-matian mengkonsumsi makanan yang sehat dengan porsi secukupnya. Atau, banyak pula orang yang memiliki nafsu makan yang berlebihan tetapi badannya tetap kurus.
Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi masalah kelebihan berat badan ini. Antara lain, menurunnya fungsi kelenjar teroid yang tidak terdeteksi, fungsi penyerapan gizi dan fungsi hati yang tidak normal. Ketidakseimbangan hormon ini biasanya terjadi pada wanita di usia menopause. Faktor psikologis yang berkaitan dengan kondisi mental atau emosi seseorang juga bisa mempengaruhi program diet tidak berjalan dengan baik. Banyak orang yang stress kemudian melampiaskan perasaannya itu dengan makan secara terus menerus sehingga melupakan program diet yang sedang dijalaninya.
Jika kita tidak menyadari adanya hubungan antara masalah kegemukan dengan faktor-faktor di atas, maka kita akan terus mengalami kegagalan dalam program diet kita.
Sebenarnya, modal utama untuk menurunkan berat badan pada orang yang gemuk hanyalah dengan niat, kemauan dan usaha keras untuk menjadikan olahraga secara rutin dengan diet yang benar dan tepat guna sebagai gaya hidup sehat.



Tidak ada komentar: