Selasa, 26 Agustus 2008

MENGENDALIKAN SAKIT KEPALA



TIPS BEBAS SAKIT KEPALA

1. Rileks. Sikap ini penting untuk mengurangi ketegangan pada saraf dan otot yang mengakibatkan sakit kepala. Disarankan berbaring selama 20 menit. Selain itu perlu juga melakukan relaksasi formal seperti yoga atau meditasi dan relaksasi informal seperti olahraga.
2. Ubah pola makan. The Harvard Medical Scholl Health pernah mempublikasikan beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan migren seperti: alkohol, anggur merah, keju yang mengandung tyramine, coklat, hot dog (mengandung nitrit) dan makanan yang mengandung rasa (MSG)
3. Kurangi kafein. Sakit kepala akibat kafein biasanya terjadi setelah bangun tidur di pagi hari
4. Olahraga rutin, sekitar 30 menit/hari, 4 – 5 kali dalam seminggu. Jenis olah raga yang dianjurkan adalah jalan kaki, jogging, senam aerobic. Dengan melakukan olah raga seperti ini, akan melancarkan aliran oksigen ke otak.
5. Kendalikan emosi. Hindari depresi, cemas atau frustasi


MENGENDALIKAN SAKIT KEPALA

1. Buat catatan harian sakit kepala yang menjelaskan waktu, berat – ringan, tempat nyeri, pemicu, dan lain-lain. Catatan ini akan memudahkan memberi gambaran yang pasti kepada dokter tentang sakit kepala yang dialami. Dari catatan-catatan yang rutin dibuat ini , maka jenis sakit kepala dan pola serangan akan bisa diidentifikasi sehingga pemberian obatnyapun bisa lebih spesifik
2. Batasi penggunaan penghilang rasa sakit (analgesik). Mengkonsumsi obat analgesik dalam jangka yang panjang dan sering bisa membuat sakit kepala menjadi makin parah dan makin sering menyerang
3. Stop kebiasaan merokok
4. Kelola stress dengan olahraga rutin. Awali dengan mengatur pernafasan
5. Lakukan terapi relaksasi dan terapi biofeedback. Terapi relaksasi bisa dengan cara akupuntur atau pemijatan, meski efektivitasnya sangat beragam tetapi terbukti bisa mengurangi rasa sakit. Terapi biofeedback berfungsi untuk mengontrol fungsi tubuh, misalnya mengukur tekanan darah secara rutin.

Tidak ada komentar: