Rabu, 04 Juni 2008

JENIS-JENIS MAKANAN SEHAT DAN SERASI



Beberapa jenis makanan sehat dan serasi

1. Protein dan Lemak

Kombinasi kedua jenis makanan ini menjadi serasi selama tidak diberi tambahan lemak. Misalnya, Daging dan kacang-kacangan adalah dua jenis makanan yang memiliki kombinasi protein dan lemak. Unsur lemak yang terkandung di dalam kedua makanan ini berfungsi untuk melamabatkan proses pencernaan agar protein punya cukup waktu untuk berinteraksi dengan asam lambung. Tetapi jika lemak yang sudah ada ini ditambah dengan lemak lain, misalnya daging digoreng dengan minyak, secara otomatis lemak yang terkandung dalam minyak akan memberi tambahan lemak pada daging, maka, maka lemak itu bisa mengakibatkan proses pencernaan di dalam lambung menjadi tidak sempurna.

Contoh makanan dengan kombinasi Protein dan Lemak adalah:

· Daging (ayam, sapi, ikan) yang dipanggang, dibakar, direbus atau dikukus

· Kacang-kacangan yang disangrai, direbus atau dikukus

2. Pati dan Lemak

Seperti halnya pada makanan yang mengandung protein dan lemak, pati dan lemak akan menjadi kombinasi makanan yang serasi selama tidak diberi tambahan lemak dalam mengolahnya. Misalnya Ubi atau ketela, jangan ditambahi santan kental seperti ketika kita membuat kolak. Gunakan lemak sekedarnya saja sebagai penambah cita rasa.

Contoh makanan dengan kombinasi Pati dan Lemak adalah:

· Roti dengan sedikit mentega

· Kentang tumbuk dengan sedikit krim

· Nasi ditanak dengan sedikit minyak kelapa

· Kentang goring (protein dan lemak yang terkandung di dalam kentang sangat rendah sehingga aman jika digoreng dengan minyak tak jenuh dan baru, bukan minyak yang bekas dipakai)

3. Gula dan Asam

Kombinasi ini banyak terdapat pada buah-buahan yang segar jugqa yogurt murni.

Contoh makanan dengan kombinasi Gula dan Asam adalah:

· Yogurt murni + madu murni

· Yogurt murni + buah manis

· Buah asam + buah manis

· Saus asam-manis

4. Protein Nabati dan Protein Nabati

Lemak dan protein pada nabati cenderung rendah, jadi aman apabila mengkombinasikan makanan yang sama-sama mengandung protein nabati. Karena proses pencernaannya tidak seberat ketika kita mengkonsumsi protein hewani. Justru jika kita mengkombinasikan kedua jenis makanan ini, hal ini akan saling mendukung sehingga melengkapi kandungan asam amino pada kedua jenis makanan tersebut. Satu yang perlu diingat ketika mengkombinasikan makanan ini adalah menghindari cara mengolahnya dengan tidak menambah lemak yang berlebihan.

Contoh makanan dengan kombinasi Protein Nabati dengan Protein Nabati adalah:

· Nasi merah + tempe

· Nasi + perkedel kacang merah

· Sup isi aneka biji-bijian dan polong-polongan

Tidak ada komentar: