Selasa, 03 Juni 2008

KOMBINASI MAKANAN YANG SEHAT DAN SERASI

Isitlah populernya adalah food combining, yaitu metode pengaturan asupan makanan yang disesuaikan dengan mekanisme alamiah tubuh, khususnya yang berhubungan dengan system pencernaan. Pola makan seperti ini bisa meminimalisir penumpukan sisa makanan dalam tubuh kita, juga melancarkan metabolisme, fungsi pencernaan dan penyerapan gizi terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Energi yang terpakai pun menjadi efisien.

Unsur Gizi dalam Kombinasi Makanan Serasi

Benarkah makanan yang mahal pasti sehat? Selama ini banyak orang beranggapan bahwa makanan yang mahal atau makanan hasil impor itu pasti sehat. Tentu anggapan ini keliru, karena biasanya makanan-makanan itu mengandung bahan pengawet yang tentu tidak baik untuk kesehatan. Lalu makanan sepeti apakah yang baik untuk tubuh kita? Yaitu semua makanan yang segar yang memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita, yang mengandung unsure-unsur hidrat arang, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan zat-zat penting lainnya seperti serat, enzim dan antioksidan. Kenapa, karena semua unsure-unsur ini sangat berperan dalam proses pencernaan dan proses metabolisme di dalam tubuh kita.

Sebenarnya, sebagian makanan yang kita makan sehari-hari telah mengandung semua unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia, hanya saja kadarnya berbeda-beda. Suatu jenis makanan yang bisa diklasifikasikan sebagai makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah jika makanan tersebut mengandung unsur gizi minimal 20% dari total nilai gizi yang dikandung oleh makanan itu. Jadi, sebelum kita mengkonsumsi suatu makanan ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu berapa nilai unsur gizi yang terkandung dalam makanan itu. Dengan begitu, kita akan terbiasa untuk tidak mengkonsumsi sembarang makanan yang belum tentu bermanfaat buat tubuh kita.

Tidak ada komentar: